Friday 29 June 2012

Bulan Sya'ban Sebentar Lagi Ramadhan


Oleh Nasrullah.
Bismillahirahmanirahim, Segala puji bagi Allah yang telah memanjangkan umur kita dan mempertemukan kita pada bulan Sya’ban. Telah berlalu bulan Rajab, dan berganti bulan Syaban. Kedua bulan ini merupakan bulan yang Istimewa, dimana atas pertolongan dan hidayah Allah kita dapat menjalankan ibadah dengan melaksanakan amal-amal utama sesuai sunah Nabi Muhammad.SAW.
Terkait bulan Sya’ban, Khatib Jum’at dalam dakwahnya menyampaikan keutamaan ibadah pada bulan ini sesuai tema-nya, “Keutamaan Bulan Sya’ban”. Bulan ini adalah bulan penentuan nilai Ibadah kita pada bulan Ramadhan nanti, bulan persiapan umat muslim se dunia menyambut bulan Ramadhan yang sebentar lagi datang.
Bulan Sya’ban adalah bulan yang Istimewa, karena dalam satu malam pada bulan ini amal manusia diangkat kepada Allah.SWT. “Dibulan inilah amal perbuatan manusia diangkat kepada Rabb semesta alam. (HR.An-Nasa’i dan Ahmad.”Hasan”menurut Al-Albani)
Pada malam nisfu Sya’ban secara fisik kita diharuskan untuk mempersiapkan diri sekaligus melatih diri dengan memperbanyak ibadah, dan khususnya berpuasa pada siang harinya. Karena Nabi kita Muhammad.SAW senang ketika diangkat amal saat sedang berpuasa.
Dari Usamah bin Zaid berkata : Saya bertanya :Wahai Rasullulah, saya tidak melihatmu berpuasa di bulan seperti engkau berpuasa di bulan Sya’ban. Beliau menjawab : “Bulan itu banyak manusia lalai, yaitu antara Rajab dan Ramadhan, bulan diangkat amal-amal kepada Rabb semesta alam, dan saya ingin pada saat diangkat amalku dalam keadaan puasa”.
“Pada malam Nisfu Sya’ban hidupkanlah dengan ibadah sholat dan puasa pada siang harinya. Sesungguhnya Allah.SWT turun ke langit dunia pada malam itu dan mencari dimanakah orang-orang yang meminta ampunan maka akan diampuni, orang yang meminta rizqi akan diberi rizki, orang-orang yang mendapatkan ujian berupa musibah maka akan dibebaskan, hingga fajar menyingsing.” (HR.Ibnu Madjah)
Semoga Allah selalu berencana yang terbaik lagi terbaik untuk kita dan mengabulkan segala doa kita, karena sesungguhnya ‘doa’ adalah senjata bagi orang muslim.  
Segala puji bagi Allah yang telah memberikan hikmah yang banyak lagi maha luas pemberiannya lagi maha kaya. Jadi ingat ada seseorang yang bertanya, “Berturut-turut mendapatkan ujian berupa musibah sakit mulai dari beliau selaku orang tua, anak menantu, hingga cucu. Ada tujuan dan rencana apa tuhan ? ”
Mungkin pada bulan Sya’ban terjawab, bahwa Allah menjanjikan dan mencari orang-orang yang meminta ampunan (tobat), meminta rizki, dan orang-orang yang sedang mendapatkan ujian musibah berupa sakit. “Pada malam Nisfu Sya’ban Allah.SWT turun ke langit dunia pada malam itu dan mencari dimanakah orang-orang yang meminta ampunan, orang yang meminta rizqi, orang-orang yang mendapatkan ujian berupa musibah maka akan dibebaskan, hingga fajar menyingsing ”.
“Ya Allah ampunilah kesalahan dan kekhilafan kami lantaran kejahilan dan ketidakmengertian kami, bentangilah maghfirahmu kepada kami. Naungilah kami selalu dengan cinta kasih dan sayangmu dan jauhkanlah kami dari kemurkaanmu juga azabmu. Ya Allah buka-kanlah pintu rizki pada kami dan bimbinglah kami menggunakannya dalam hidayahmu, darimu untukmu.  Ya Allah bebaskanlah kami dari musibah dan jauhkanlah, serta sembuhkanlah kami dari segala penyakit. Ya Allah engkaulah tujuan kami dan keridhoanmu yang kami cari. Illahi Anta Maksudi Waridhoka Matlubi Attini Mahabah wa Marifat. Amin”.


No comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls